Wisata ke Pantai Ngitun Gunung Kidul

By | February 22, 2016

Pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2016 saya bersama beberapa teman kantor melepas penat ke daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Kemudian salah satu teman yaitu kakak Pengki mengajak ke Pantai Ngitun dan akhirnya Kami memutuskan untuk berwisata ke Pantai Ngitun di Gunung Kidul. Pantai Ngitun bearada di kecamatan Tepus Gunung Kidul. Bila dari Jogja silahkan ambil arah menuju pantai wediombo nanti akan menemukan penunjuk jalan ke pantai ini. Jujur saja saya baru pertama kali mengenal nama pantai tersebut. Kebiasaan saya begitu mendengar nama tempat wisata baru saya mencoba menyempatkan waktu untuk googling mengenai pantai tersebut untuk mendapatkan gambaran dari lokasi dan juga medan yang harus ditempuh.

20160221211911

Pantai Ngitun Gunung Kidul

Setelah melakukan googling saya mendapatkan informasi bahwa pantai ini termasuk pantai yang jarang “dijamah” oleh manusia, dan melihat gambarnya pun saya tertarik mengunjungi pantai ini namun ada satu hal yang mengganjal ternyata jalan akses menuju pantai ini terbilang extrim karena jalannya dipenuhi batu2an kalau orang jawa bilang ra rupo dalan.

Namun saya masih berpikir positif karena dari hasil googling artikel di post Mei 2015 jadi saya beranggapan mungkin jalannya sudah lebih baik. Namun saya pun jug amempersiapkan kendaraan terutama ban andai kata jalan yang akan dilalui memang jelek. Akhirnya kami memulai perjalanan dari kawasan Ring Road utara Yogyakarta menuju pantai tersebut.

Perjalanan awalnya lancar tanpa hambatan namun begitu sampai di daerah Wonosari 2 motor teman mengalami ban bocor. Akhirnya saya menunggu 2 teman kami mengganti ban, setelah ganti ban selesai kami melanjutkan perjalanan sedikit dan berhenti di sebuah masjid untuk sholat dzuhur. Setelah sholat dzuhur kami melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan setelah sempat berkali-kali salah jalan akhirnya kami menemukan jalan yang benar.

Saat masuk ke gang yang menuju pantai dugaan saya mulai benar karena jalannya sudah aspal namun semaikn jauh kami masuk jalan yang tadinya aspal berganti menjadi jalan semen yang sepertinya dibuat warga sampai pos retribusi. Setelah melewati pos retribus kami melewati lapangan dimana di lampangan tersebut ada solar panel wow. Setelah melewati lapangan tersebut barulah the adventures begin.

Kami melewati jalan yang didominasi oleh turunan namun jalannya masih berbatu2 seperti yang saya baca sebelumnya disitulah kami mulai melewati dengan hati-hati. Dalam hati untunglah saya tadi sempat cek kelayakan ban dan tambah angin dan untung juga kedua motor yang bocor tadi ganti ban karena apabila menggunakan ban yang ditambal kemungkinan besar motor akan bocor dan akan lebih sulit menambal karena tukang tambal ban jauh.

Singkat cerita akhirnya kami berhasil melewati rintangan dan sampai di pantai ngitun, dan memang pantainya masih sepi sehingga kami merasa memiliki private beach hehehe. Setelah beristirahat di salah satu warung sambil menikmati semangkok mie rebus telur dan es teh kami segera meluncur ke pantai untuk main air dan melepaskan kepenatan kami.

20160221212437

Bagi anda yang bosan mengunjungi pantai yang itu2 saja pantai ngitun ini bisa dijadikan salah satu referensi namun sebelum mengunjungi pantai ngitun pastikan kendaraan anda siap terutama bagian kaki2 dan ban, disarankan gunakan ban tubeless bila ingin mengunjungi pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *